RINGKASAN MATERI PKK KELAS 11 SEMESTER 1
BAB 2
Peluang Usaha
Peta konsep
- Bersifat orisinil
- Harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar
- Sesuai dengan minat
- Tingkat kelayakan usaha teruji
- Bersifat ide kreatif
- Ada keyakinan untuk mewujudkan
- Ada rasa senang saat menjalankan
- Memiliki nilai jual
- Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, dan bersifat nyata
- Usaha tersebut mampu bertahan lama dipasar
- Tidak menghabiskan modal, karena trlalu besar investasinya
- BIsa ditingkatkan skalanya menjadi industri
- Mampu memenuhi kebutuhan konsumen
- Memiliki keunggulan bersaing
- Tidak bersifat sementara
- Ada nilai uang
- Memenuhi aspek kreatif dan inovatif
- Percaya dan yakin bahwa usaha tersebut dapat dilaksanakan
- Mau menerima gagsan atau ide-ide baru
- Memiliki semangat kerja yang tinggi
- Mampu berkomunikasi yang baik
- Bertanya pada diri sendiri
- Mau mendengarkan sara orang lain
- Meneliti luas usaha yang dipilih
- Bentuk usaha
- Jenis usaha yang ditekuni
- Mengenal informasi usaha yang diterima
- Memiliki peta usaha yang menguntungkan
- Membuat sketsa bidang usaha yang ditekuni
- Penyediaan modal
- Mengurus izin usaha
- Menyiapkan tenaga kerja
- Menyiapkan sarana
- Menyiapkan bahan baku
- Menetapkan lokasi
- Menetepkan metodoligi
- Menetapkan teknologi usaha
- Menetpkan manajemen
- Mencari Mitra usaha
- Untuk menemukan peluang usaha
- Untuk menemukan potensi usaha
- Untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia
- Untuk mengetahui berapa lama usaha bertahan
Berikut adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan seorang wirausaha dalam mengelola usaha.
- Faktor manusia
- Kepribadian
Kepribadian atau karakter seseorang sangat menunjang keberhasilnnya
- Ilmu pengetahuan
Ilmu, membantu kita dalam menghadapi berbagai persoalan
- Pengalaman yang dimiliki
Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik
2. Keuangan
Faktor keuangan merupakan salah satu pendukung keberhasilan dalam usaha. Tanpa adanya modal, usaha tidak mungkin bisa berjalan.
3. Perencanaan
Perencanaan dapat dimulai saat usaha itu mau didirikan, misal:
- Produk apa yang mau dibuat
- Berapa modal yang dibutuhkan
- Siapa calon konsumen sasarannya
- Dimana tempat usahanya
- Siapa yang terlibat dalam kegiatan usaha
Produk yang kota buat tidak akan menjangkau konsumen yang dituju, maka dari seorang wirausaha harus harus memikirkan hal-hal berikut ini
- Siapa yang akan memasarkan produk
- Siapa yang akan beli (pembeli potensial) produk
- Apa strategi yang akan digunakan
- Dream : Memiliki impian
- Opportunity : Mampu mencari peluang usaha
- Reform : Menyusun perencanaan dan mengimplementasikan secara sistematis
- Action : Melakukan suatu tindakan
- Energy : Memilki semangat yang tinggi
- Mapping : Bisa melakukan pemetaan usaha dengan analisis SWOT
- Organizing : Bergabung dengan organisasi atau perkumpulan
- Network : Memiliki jaringan atau elasi yang luas
Menurut Zimmerer yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usahanya adlah sebagai berikut.
- Tidak kompeten dalam manajerial
- Kurang berpengalaman
- Tidak bisa mengelola keuanngan
- Lokasi yang kurang mendukung
- Gagal dalam perencanaan
- Sikap yang kurang bersungguh-sungguh
- Ketidak mampuan dalam melakukanperalihan atau transisi kewirausahaan
- Kurang pengawaan peralatan
F. Memanfaatkan Peluang secara Kreatif dan Inovatif
Menurut penelitian, kreatifitas dapat diidentifikasikan sebagai berikut.
- Menciptakan (to create) merupakan proses mencari atau menciptakan dari yang tidak ada menjadi ada
- Memodifikasikan ( to modify) dalam memodifikasi sesuatu berupa mencari cara memebentukfungsi-fungsi baru atau menjadikan sesuatu menjadi berbeda penggunaannya oleh orang lain
- Mengombinasikan (to combine) yaitu mengkombinasikan dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berhubungan.
- Memenfaatkan barang yang tidak terpakai
- Memanfaatkan barang yang disediakan oleh alam
- Memanfaatkan kejaian atau peristiwa yang ada
- Memanfaatkan segala sesuatu yang bisa memberikan peluang usaha
- Memiliki ciri khas atau khusus
- Memiliki ciri atau unsur kebaruan
- Dilaksanakan melalui perogram yang telah direncanakan
- Memiliki tujuan
- Invensi (penemuan baru)
- Ekstensi (pengembangan dari yang sudah ada sebelumnya)
- Duplikasi (penggandaan, memperbanyak produk yang sudah ada dan terkenal)
- Sistensis (penggabungan atau mengkombinasikan konsep dan formula yang sudah ada menjadi formula yang baru
- Analisis SWOT
Merupakan analisi untuk mengetahui faktor internal (Sreangth dan weakness) dan eksternal (Opportunity dan Threats) perusahaan. Analisis SWOT digunakan untuk menegetahui:
- Srength yaitu kekuatan atau kelebihan yang dimiliki perusahaan dapat digunakan untuk mendukung usaha
- Weakness yaitu kelemahan yang dimiliki perusahaan bila tidak diatasi akan menghambat kinerja usaha
- Opportunity yaitu Peluang usaha atau kesempatan untuk mengembangkan usaha
- Threat yaitu ancaman, gangguan, hambatan
- Analisi 5W+1H
- Study Kleyakan
Studi kelayakan bisnis menurut Husein Umar, 2003, yaitu penelitian terhadap rencana bisnis yang tidak hanya menganalisis layak atau tiaknya bisnis dibangun tapi juga saat dioperasionalkan secara rutin dalam rangka pencapaia keuntungan maksimum dalam waktu yang tidak ditentukan.
Sedangkan menurut Yacob Ibrahim 2009, yang dimaksud studi kelayakan bisnis adalah kegiatan untuk menilai sejauh mana manfaat yang dapat diperoleh dalam melaksanakan sutau kegiatan usaha/proyek.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar