Senin, 20 Maret 2023

RINGKASAN MATERI PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan) KELAS 11

RINGKASAN MATERI PKK KELAS 11 SEMESTER 1

BAB 2

Peluang Usaha


Peta konsep


A. Definisi 


    Peluang usaha terdiri dari dua kata, Pelung dan Usaha. Peluang berarti kesempatandan usaha berarti upaya unuuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan berbagai daya atau sumber daya yang dimiliki. secar sederhana peluang usaha merupakan suatu kesempatan yang dimiliki oleh seseorang ungtuk mencapai tujuan yang hednak dicapai dengan menhgunaka  sumber daya yang dimiliki.

    Seorang wirausaha harus berfikir tentang seperti apa peluang usaha yang baik itu. Berikut adalah ciri-ciri peluang usaha yang baik, diantaranya:
  1. Bersifat orisinil
  2. Harus dapat mengantisipasi perubahan persaingan dan kebutuhan pasar
  3. Sesuai dengan minat
  4. Tingkat kelayakan usaha teruji
  5. Bersifat ide kreatif
  6. Ada keyakinan untuk mewujudkan
  7. Ada rasa senang saat menjalankan
Ciri-ciri peluang usaha yang potensial adalah sebagai berikut.
  1. Memiliki nilai jual
  2. Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, dan bersifat nyata
  3. Usaha tersebut mampu bertahan lama dipasar
  4. Tidak menghabiskan modal, karena trlalu besar investasinya
  5. BIsa ditingkatkan skalanya menjadi industri
Peluang usaha yang bernilai jual memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Mampu memenuhi kebutuhan konsumen
  2. Memiliki keunggulan bersaing
  3. Tidak bersifat sementara
  4. Ada nilai uang
  5. Memenuhi aspek kreatif dan inovatif
B. Analisis Peluang Usaha

    Untuk dapat menggali dan memanfaatkan peluang usaha, seorang wirausaha harus dapat berikir secara positif dan kreatiif, diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Percaya dan yakin bahwa usaha tersebut dapat dilaksanakan
  2. Mau menerima gagsan atau ide-ide baru
  3. Memiliki semangat kerja yang tinggi
  4. Mampu berkomunikasi yang baik
  5. Bertanya pada diri sendiri
  6. Mau mendengarkan sara orang lain
C. Persiapan Peluang Usaha

Untuk melakukan analisis peluang usaha dibutuhkan persiapan sebagai berikut.
  1. Meneliti luas usaha yang dipilih
  2. Bentuk usaha
  3. Jenis usaha yang ditekuni
  4. Mengenal informasi usaha yang diterima
  5. Memiliki peta usaha yang menguntungkan
Langkah-langkah analisis peluang usaha:
  1. Membuat sketsa bidang usaha yang ditekuni 
  2. Penyediaan modal
  3. Mengurus izin usaha
  4. Menyiapkan tenaga kerja 
  5. Menyiapkan sarana
  6. Menyiapkan bahan baku
  7. Menetapkan lokasi 
  8. Menetepkan metodoligi 
  9. Menetapkan teknologi usaha
  10. Menetpkan manajemen
  11. Mencari Mitra usaha
D. Tujuan Analisis Peluang Usaha

    Secara umum tujuan alanisis peluang usaha adalah untuk mengetahui apakah  usaha tersebut layak dikerjakan atau tidak. Oleh karena itu, seorang wirausaha harus cermat yakindan berani.
Tujuan analisis usaha:
  1. Untuk menemukan peluang usaha
  2. Untuk menemukan potensi usaha 
  3. Untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia
  4. Untuk mengetahui berapa lama usaha bertahan
E. Keberhasilan dan Kegagalan Wirausaha


Ada beberapa faktor yang bisa mnyebabkan keberhasilan dan kegagalan wirausaha.

     a. Faktor-faktor yang penyebab keberhasilan wirausaha

Berikut  adalah faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan seorang wirausaha dalam mengelola usaha.

    1. Faktor manusia
      • Kepribadian

Kepribadian atau karakter seseorang sangat menunjang keberhasilnnya

      • Ilmu pengetahuan

Ilmu, membantu kita dalam menghadapi berbagai persoalan

      • Pengalaman yang dimiliki

Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik

                2. Keuangan

Faktor keuangan merupakan salah satu pendukung keberhasilan dalam usaha. Tanpa adanya modal, usaha tidak mungkin bisa berjalan. 

                3. Perencanaan

Perencanaan dapat dimulai saat usaha itu mau didirikan, misal:

      • Produk apa yang mau dibuat
      • Berapa modal yang dibutuhkan
      • Siapa calon konsumen sasarannya
      • Dimana tempat usahanya
      • Siapa yang terlibat dalam kegiatan usaha
                4. Pemasaran

Produk yang kota buat tidak akan menjangkau konsumen yang dituju, maka dari seorang wirausaha harus harus memikirkan hal-hal berikut ini
      • Siapa yang akan memasarkan produk
      • Siapa yang akan beli (pembeli potensial) produk
      • Apa strategi yang akan digunakan
    Selain faktor diatas, keberhasilan seorangwirausaha dalam menjalankan usahamenurut Adyaksa Dault haurs dilandasi dengan falsafah yang dikenal dengan nama 'DORAEMON", yitu sebagai berikut.
  • Dream : Memiliki impian
  • Opportunity : Mampu mencari peluang usaha
  • Reform : Menyusun perencanaan dan mengimplementasikan secara sistematis
  • Action : Melakukan suatu tindakan
  • Energy : Memilki semangat yang tinggi
  • Mapping : Bisa melakukan pemetaan usaha dengan analisis SWOT
  • Organizing : Bergabung dengan organisasi atau perkumpulan
  • Network  : Memiliki jaringan atau elasi yang luas 
    b. Faktor-faktor penyebab kegagalan wirausaha

Menurut Zimmerer yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usahanya adlah sebagai berikut.
    • Tidak kompeten dalam manajerial
    • Kurang berpengalaman
    • Tidak bisa mengelola keuanngan
    • Lokasi yang kurang mendukung
    • Gagal dalam perencanaan
    • Sikap yang kurang bersungguh-sungguh
    • Ketidak mampuan dalam melakukanperalihan atau transisi kewirausahaan
    • Kurang pengawaan peralatan

F. Memanfaatkan Peluang secara Kreatif dan Inovatif

    Menurut penelitian, kreatifitas dapat diidentifikasikan sebagai berikut.

  1. Menciptakan (to create) merupakan proses mencari atau menciptakan dari yang tidak ada menjadi ada
  2. Memodifikasikan ( to modify) dalam memodifikasi sesuatu berupa mencari cara memebentukfungsi-fungsi baru atau menjadikan sesuatu menjadi berbeda penggunaannya oleh orang lain
  3. Mengombinasikan (to combine) yaitu mengkombinasikan dua hal atau lebih yang sebelumnya tidak saling berhubungan.
    Seorsng wirausaha ahrus bisa berfikir bagaimana memanfaatkan peluang usaha disekitar secara kreatif dan inovatif, dengan cara:
  1. Memenfaatkan barang yang tidak terpakai
  2. Memanfaatkan barang yang disediakan oleh alam 
  3. Memanfaatkan kejaian atau peristiwa yang ada
  4. Memanfaatkan segala sesuatu yang bisa memberikan peluang usaha
G. Jenis-jenis Inovasi

    Pengertian inovasi menurut Stephen Robbins adalh sebuah ide atau gagasan baru yang diterapkan untuk memperbaiki suatu produk.
    Adapun ciri-ciri inovasi diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Memiliki ciri khas atau khusus
  2. Memiliki ciri atau unsur kebaruan
  3. Dilaksanakan melalui perogram yang telah direncanakan
  4. Memiliki tujuan
    Sedangkan jenis inovasi menurut Kuratko ada 4 jenis inovasi, yaitu:
  1. Invensi (penemuan baru)
  2. Ekstensi (pengembangan dari yang sudah ada sebelumnya)
  3. Duplikasi (penggandaan, memperbanyak produk yang sudah ada dan terkenal)
  4. Sistensis (penggabungan atau mengkombinasikan konsep dan formula yang sudah ada menjadi formula yang baru
H. Pendekatan Analisis Peluang Usaha

Ada beberapa pendekatan yang digunakan dalam menganalisis peluang usaha, yaitu:
  • Analisis SWOT
Merupakan analisi untuk mengetahui faktor internal (Sreangth dan weakness) dan eksternal (Opportunity dan Threats) perusahaan. Analisis SWOT digunakan untuk menegetahui:

    1. Srength yaitu kekuatan atau kelebihan yang dimiliki perusahaan dapat digunakan untuk mendukung usaha
    2. Weakness yaitu kelemahan yang dimiliki perusahaan bila tidak diatasi akan menghambat kinerja usaha
    3. Opportunity yaitu Peluang usaha atau kesempatan untuk mengembangkan usaha
    4. Threat yaitu ancaman, gangguan, hambatan

  • Analisi 5W+1H
  • Study Kleyakan

Studi kelayakan bisnis menurut Husein Umar, 2003, yaitu penelitian terhadap rencana bisnis yang tidak hanya menganalisis layak atau tiaknya bisnis dibangun tapi juga saat dioperasionalkan secara rutin dalam rangka pencapaia keuntungan maksimum dalam waktu yang tidak ditentukan.

Sedangkan menurut Yacob Ibrahim 2009, yang dimaksud studi kelayakan bisnis adalah kegiatan untuk menilai sejauh mana manfaat yang dapat diperoleh dalam melaksanakan sutau kegiatan usaha/proyek.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

FAKTA MENARIK GAME HILL CLIMBING RACING

  HILL CLIMBING RACING SEJARAH Hill Climb Racing adalah sebuah permainan video mobil balap yang dikembangkan oleh studio permainan Finlandia...